Berakar dalam Tuhan


Kol 2:7 Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.

Amp Version: Have the roots [of your being] firmly and deeply planted [in Him, fixed and founded in Him], being continually built up in Him, becoming increasingly more confirmed and established in the faith, just as you were taught, and abounding and overflowing in it with thanksgiving.
kunci supaya Tuhan membangun hidup kita adalah dengan cara kita berakar dalam kehidupan rohani.

Sewaktu kita berakar dalam Tuhan, secara otomatis Tuhan membangun kehidupan kita.
Masalahnya mengapa kita belum dibangun, atau bertumbuh dalam segi keuangan, bisnis, keluarga?
Dikarenakan kita tidak berakar dan membangun kekudusan dalam diri kita sesuai  sifatnya Tuhan...
Bukan Tuhan tidak mau membangun diri kita, tetapi apakah kita siap dan mampu sewaktu Tuhan membangun hidup kita
Apakah kita semakin baik atau semakin hancur sewaktu kesuksesan itu datang.
Hal yang paling penting adalah berakar dalam Dia, untuk memeriksa apakah sifat Tuhan berakar dalam kita adalah:
1. Apakah kita masih memiliki sifat tidak mengampuni orang? (berarti kita kurang berakar dalam kasih)
2. Apakah kita masih melakukan dosa? (berarti kita kurang berakar dalam hal penguasaan diri)
contoh orang yang tidak berakar dalam hidupnya:
1. Ruben, engkaulah anak sulungku, kekuatanku dan permulaan kegagahanku, engkaulah yang terutama dalam keluhuran, yang terutama dalam kesanggupan.  (unstable as water) Engkau yang membual sebagai air, tidak lagi engkau yang terutama , sebab engkau telah menaiki tempat tidur ayahmu; waktu itu engkau telah melanggar kesuciannya. Dia telah menaiki petiduranku!
dengan kata lain ruben tidak dapat mengendalikan dirinya (hidupnya tidak berakar) sehingga membuat dia kehilangan hak kesulungannya, begitu juga dengan esau
2. Simson dengan nafsunya yang tak terpuaskan akhirnya mengakibatkan kehancurannya.  Dia lebih mementingkan pemuasan nafsu seksualnya daripada menyenangkan Allahnya yang kudus.
Simson membuat beberapa kesalahan fatal yang mengakibatkan kegagalan rohani dan kematian jasmaniah. Di antara kesalahan itu adalah: Ia tidak menambatkan hidupnya dalam Firman Allah. Ia menunjukkan kekurangan perhatian dan rasa hormat pada perintah-perintah Allah, Simson menyalahgunakan karunia-karunia (anugerah, berkat, karunia, nikmat, pemberian, rezeki) dan kuasa Allah untuk kepentingan dan keuntungan pribadi.
setiap orang Kristen harus dapat mencapai kedewasaan rohani yang lebih matang dan iman yang stabil,

Untuk itu jadi lah berakar dalam Tuhan, seperti Yakub, sehingga kita menyembah Allah Abraham, Ishak dan Yakub (bukan esau)?
adalah dikarenakan: yakub adalah orang yang tenang, hidupnya tidak terpengaruh oleh keadaan, lingkungan. (jangan pernah menyalahkan orang lain, lingkungan akan keadaan kita) masalah nya apakah kita kuat berakar sewaktu masalah kesulitan, badai hidup melanda kehidupan kita.
Kej 25:27: Lalu bertambah besarlah kedua anak itu: Esau menjadi seorang yang pandai berburu, seorang yang suka tinggal di padang, tetapi Yakub adalah seorang yang tenang, yang suka tinggal di kemah.
Amp Version: When the boys grew up, Esau was a cunning and skilled hunter, a man of the outdoors; but Jacob was a plain and quiet man, dwelling in tents.

Ilustrasi :
1. Korma, adalah tanaman yang bisa bertahan di cuaca extream seperti di gurun, akarnya yang panjang dapat menembus ke bawah tanah mencari sumber air, bagaimana cara orang menanam korma?
dengan cara, sewaktu benih ditanam, permukaan tanah atas di timpa dengan batu, sehingga korma bertumbuh ke bawah (menguatkan akarnya) apabila sudah kuat berakar maka ia dengan mudah menggangkat batu tersebut.
2. Kaktus, di amerika kaktus dapat hidup di padang gurun yang suhunya mencapai 41 derajat, bahkan pernah dibuat kondisi lingkungan sampai suhu 100 derajat, dan kaktus tersebut tidak mati, mengapa? dikarenakan kaktus itu berakar sampai ke mata air padang gurun.
3. Pohon redwood (tidak bisa terbakar) akarnya bisa mencapai 80 meter
4. Pondasi rumah, untuk membangun rumah supaya kuat adalah membangun pondasi dahulu

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Suara Allah dan Suara Iblis/ Setan

Kunci Menghancurkan Penghalang Janji Tuhan!

Tipe Kepribadian Melalui Test DISC