Pengenalan akan Tuhan - Manusia Baru


Seseorang dikatakan mengenal Tuhan adalah sewaktu pikirannya diisi oleh Firman Tuhan dan telah belajar untuk mengenal Kristus dan meninggalkan manusia lamanya serta hidup menurut rencana Tuhan. 

Efesus 4:17-25
Sebab itu kukatakan dan kutegaskan ini kepadamu di dalam Tuhan: Jangan hidup lagi sama seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah dengan pikirannya yang sia-sia dan pengertiannya yang gelap, jauh dari hidup persekutuan dengan Allah, karena kebodohan yang ada di dalam mereka dan karena kedegilan hati mereka. Perasaan mereka telah tumpul, sehingga mereka menyerahkan diri kepada hawa nafsu dan mengerjakan dengan serakah segala macam kecemaran. Tetapi kamu bukan demikian. Kamu telah belajar mengenal Kristus. Karena kamu telah mendengar tentang Dia dan menerima pengajaran di dalam Dia menurut kebenaran yang nyata dalam Yesus, yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan, supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya. Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota.

Sewaktu dosa masuk kedalam tubuh manusia maka dosa itu akan merusak pertama-tama roh manusia kemudian jiwa manusia dan yang terakhir adalah kematian tubuh manusia. Rasul Paulus menuliskan surat kepada jemaat di efesus tentang manusia yang baru. Manusia yang baru adalah manusia yang telah berubah cara pikirnya yaitu dari cara pikir yang sia-sia menjadi cara pikir orang yang mengenal Tuhan. 

Orang yang tidak mengenal Tuhan maka pikirannya itu sia-sia (pikiran yang tertuju kepada hal-hal duniawi saja - Filipi 3:19). Oleh karena itu Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. 
Doa Tuhan Yesus dalam yohanes 17 " Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus."

Kata mengenal disini sangat penting artinya: Untuk mengenal seseorang itu perlu belajar dan belajar itu merupakan suatu proses yang panjang. Untuk mengenal Tuhan dengan benar maka kita perlu Roh hikmat dan wahyu. Tujuan dari semuanya itu adalah supaya kita mengetahui panggilan hidup kita selama berada didunia ini.

Rasul paulus dalam suratnya kepada orang yang ada di efesus: meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar. Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus.

Mengenal Tuhan artinya harus meninggalkan semua konsep lama yang kita ketahui tentang Tuhan, hal ini sama seperti orang yang menganggalkan pakaiannya setiap hari dan menggantinya dengan yang baru. jadi untuk mengenal Tuhan kita perlu memiliki konsep yang baru tentang Tuhan setiap harinya. oleh karena itu kita harus mengosongkan diri kita setiap harinya dan diperbaharui melalui Tuhan Yesus.

Tetapi kita adalah manusia baru yang diciptakan Allah melalui Tuhan Yesus Kristus. sama seperti Adam yang sebelum jatuh dalam dosa adalah sempurna. Maka sekarang kita yang diciptakan melalui kristus disempurnakan Allah melalui rahmat yang dijanjikanNya sejak zaman purbakala yaitu Dia yang telah dinubuatkan oleh para nabiNya akan Turun kedunia untuk menghapuskan dosa manusia, yaitu Allah sendiri.

Tuhan Memberkati

Popular posts from this blog

Perbedaan Suara Allah dan Suara Iblis/ Setan

Kunci Menghancurkan Penghalang Janji Tuhan!

Tipe Kepribadian Melalui Test DISC