3 kunci menjadi orang yang efektif


Didalam bukunya Stephen R. Covey's - 7 Habits of Highly Effective People untuk menjadi orang yang efektif didunia ini ada 7 langkah yang harus dijalankan oleh kita, buku ini sangat terkenal dan menjadi buku terlaris penjualannya.

Tetapi saat ini saya akan membahas 3 kunci untuk kita menjadi orang yang efektif dalam mengikuti Tuhan. yaitu persembahan, doa dan puasa.

  1. Persembahan
    Banyak kisah dalam perjanjian lama maupun didalam perjanjian baru tentang orang-orang yang memberikan persembahannya kepada Tuhan dan Tuhan kemudian menjawab doa dan permohonan mereka.
    - Kisah tentang Elia yang mempersembahkan korban bakaran kepada Tuhan Allah Israel
      Disana diceritakan bahwa Elia menantang nabi baal ratu Izebel untuk membuktikan siapa Allah yang benar dengan cara meletakkan persembahan dan kemudian Tuhan akan menjawab Elia dengan memakan habis korban bakaran. sebelum Tuhan menjawabnya Elia meletakkan 12 batu menurut suku israel dan mencurahkan air (dimana air merupakan barang yang mahal saat itu karena hujan tidak turun 3,5 tahun lamanya) barulah kemudian dia meletakkan korban sembelihan kepada Tuhan dan berdoa maka api dari langit memakan habis korban sembelihan, batu dan air yang dipersembahkan elia lalu sujudlah orang-orang Israel menyembah Tuhan Allah yang hidup.
    - Kisah tentang Salomo mentabiskan bait suci.
      Setelah salomo mengadakan persembahan korban bakaran yang banyak sekali jumlahnya, maka Tuhan menampakkan diri kepada Salomo melalui mimpi dan mengabulkan permohonan doanya serta Tuhan akan berdiam didalam bait suci tersebut, Salomo mendapatkan hikmat dan juga kekayaan dari Tuhan.
    - Kisah tentang Elia dan janda sarfat
      Hujan tidak turun selama 3.5 tahun dan Elia diperintahkan Tuhan menemui janda sarfat untuk mendapatkan makanan darinya, Janda tersebut melakukan tepat seperti yang diperintahkan Elia untuk dilakukan walaupun yang dimilikinya saat itu sangat berharga dan hanya untuk hari itu saja kemudian dia dan anaknya mati. tetapi karena janda tersebut memberikan persembahan yang paling berharga kepada Tuhan dan Elia maka Tepung dan Minyak dalam buli-buli itu tidak akan habis sampai hujan Hujan Turun.
    - Anak Janda Sarfat Meninggal
      Janda safrat yang memberikan makanan dan tumpangan kepada Elia menemuinya dan menceritakan bahwa anaknya mati kemudian Elia berdoa dan menindih anak tersebut sehingga hidup. Tuhan mengingat apa yang dilakukan oleh janda tersebut dan memberikan anaknya kehidupan.
    - Petrus dan Kornelius
      Ada seorang yang bukan yahudi bernama Kornelius, dia seorang panglima italia takut akan Allah Israel dan membantu orang yahudi serta pembangunan bait Allah. Malaikat Tuhan menampakkan diri kepadanya dan berkata "telah kudengar doa dan sedekahmu dan aku akan menyuruh kamu untuk menjemput petrus. Petrus yang telah mendapatkan penglihatan dan mengerti maksud Tuhan bahwa injil itu harus disebarkan keseluruh dunia kemudian datang kerumah tersebut dan seisi rumah dipenuhi oleh Roh Kudus.
    - Eric Liddel
      Atlet lari jarak pendek cabang 100 meter menolak untuk ikut pertandingan olimpiade karena pertandingan jatuh pada hari minggu, Ia menyatakan bahwa hari minggu adalah hari yang dikhususkannya untuk Tuhan. Padahal jika dia mengikuti pertandingan tersebut sudah dipastikan menang, tetapi dia menolak dan mencoba mengikuti pertandingan lari dengan jarak 400 meter. semua orang mengatakan bahwa itu merupakan tindakan yang gila dan dia tidak akan menang dalam perlombaan tersebut. Eric pada akhirnya menang di cabang lari yang bukan bidangnya. kemudian orang mengatakan kepadanya mengapa dia bisa menang? Eric menjawab 100 meter pertama saya berlari dengan kekuatan saya, dan 200 meter hingga seterusnya saya berlari dengan kekuatan Tuhan.
    "Jika menurutmu persembahan yang diberikan sangat berarti buatmu maka itu sangat berarti buat Tuhan"
  2. Doa
    Kita adalah seperti suku ishakar, Ishakar adalah keledai dan Tuhan Yesus menaiki keledai betina (Susah untuk ditunggangi) tetapi karena yang memilih adalah Tuhan sendiri maka kita akan berjalan dalam pakaian-pakaian indah, Kita adalah umat yang berjaga-jaga atas kota, bangsa dan negara-negara. Oleh karena itu penting sekali disini untuk berdoa bagi bangsa dan negara kita supaya berkat bangsa-bangsa itu datang ke atas kota dan bangsa kita, berdoa supaya Tahun pemulihan seutuhnya terjadi dalam kehidupan kita.
  3. Puasa
    "Dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka."
    manusia terdiri dari roh, jiwa dan tubuh oleh karena itu sewaktu kita berpuasa maka kita sedang melatih roh kita supaya kuat. sewaktu manusia meninggal maka yang terangkat itu adalah rohnya.
    Raja Daud merendahkan dirinya dengan berpuasa dan berdoa, Raja Ahab setelah dia berdosa kemudian berbalik kepada Tuhan dengan berpuasa dan mengenakan kain kabung serta berjalan lambat maka Tuhan menjawab doanya.


Popular posts from this blog

Kunci Menghancurkan Penghalang Janji Tuhan!

Perbedaan Suara Allah dan Suara Iblis/ Setan

Tipe Kepribadian Melalui Test DISC