Menemukan Panggilan dari Tuhan


Jika Tuhan panggil kita jadi bisnisman maka jadilah bisnisman yang luar biasa dan cinta Tuhan, kalau saudara jadi dokter maka jadilah dokter yang hebat dan luar biasa, jadilah seperti apa yang Tuhan mau saudara jadi, dan Tuhan mau hidup saudara jadi berkat untuk banyak orang.

Seperti yang pernah saya katakan bahwa Bangsa itu punya tujuannya, Tuhan taruh Indonesia di timur juga punya tujuannya, kota punya tujuannya, Gereja juga punya tujuannya dan Gereja HOG punya tujuannya. Tuhan berikan visi gereja di Yehezkiel 47 adalah supaya gereja ini mengalir menjadi berkat.

Gereja punya panggilan khusus, beberapa waktu yang lalu teroris ditangkap dan saya tidak tau apa jadinya jika bom tersebut meledak sewaktu kita lagi makan di mall, tapi Tuhan baik, kita punya menara Doa, Menara Kota yang terus menerus berdoa  siang dan malam untuk kota ini, karena Tuhan memanggil kita untuk memberkati kota ini, itulah sebabnya ada gereja Tuhan.

Kita sebagai anak Tuhan juga punya tujuannya, Sudahkah kita temukan tujuan kita? Dan itulah yang membuat kita maksimal, beberapa minggu yang lalu saya bagikan mengenai Abraham, bagaimana Tuhan memanggil dia. istrinya Sara mandul dan Tuhan panggil Abram kamu akan jadi bangsa yang besar dan namamu Abraham dan tidak ada yang mustahil bagi Tuhan. Sewaktu Abraham ikut prosesnya Tuhan, Sara umur 90 Tahun melahirkan bagi manusia itu tidak mungkin tetapi bagi Tuhan itu mungkin.

Lalu bagaimana Yakub lari dari abangnya (Esau) disuruh Tuhan pulang bertemu abangnya dan diperjalanan dia bertemu dengan Tuhan dan Tuhan katakan namamu bukan lagi Yakub tetapi Israel. Ingatlah bahwa Tuhan selalu ingatkan masa depan yang gilang gemilang, sedangkan setan selalu ingatkan masa lalu, kamu tidak bisa berubah, kamu seperti ini dan itu.

Sewaktu Tuhan panggil kita, Tuhan selalu siapkan masa depan yang luar biasa, Musa seorang pangeran lalu bunuh orang dan kemudian lari, dan menjadi gembala kambing domba selama 40 tahun (usianya 80 tahun Tuhan panggil dia) dan Tuhan panggil Musa kamu jadi pembebas dan tidak ada yang mustahil, Musa menjadi pemimpin yang luar biasa.

Lalu Gideon orang yang penakut/ pengecut yang terintimidasi musuh yang sewaktu-waktu merampok hasil tanah mereka dan bertemu Tuhan dan Tuhan katakana kamu pahlawan yang gagah perkasa dan Gideon mengatakan ah mana mungkin Tuhan kalau Tuhan ada kami tidak mungkin seperti ini, tetapi apa yang Tuhan katakan terjadi. Gideon menjadi pemimpin yang luar biasa.

Ester seorang anak yatim piatu yang dibesarkan pamannya tetapi Tuhan pilih dia menjadi seorang ratu, lalu simon yang sudah khianati Yesus 3 kali dan Tuhan bilang kamu adalah Petrus bukan simon, dan kalau saudara tau anak buahmu khianati engkau 3 kali orang itu tak bakalan lagi kamu pakai, tetapi Yesus berbeda dan Tuhan katakan kamu Petrus dan jadi rasul yang luar biasa.

Saulus Penganiaya jemaat jaman dahulu, menganiaya orang Kristen dan Stefanus mati didepannya, bertemu dengan Tuhan dan bertobat lalu Tuhan kasi dia tugas menjadi rasul dan penginjil. Lalu bagaimana dengan kita saudara?

Setiap kita punya rancangan Tuhan, lalu bagaimana menemukan destinasi yang Tuhan telah siapkan untuk kita, bagaimana supaya kita masuk sesuai dengan talenta yang Tuhan kasi kita , kemampuan yang berbeda-beda, kepribadian yang berbeda-beda, karunia yang berbeda, tidak semua yang sama. 

Bagaimana caranya menemukan panggilan kita? 
1. Selalu dimulai dari perjumpaan dengan Tuhan, siapapun kita, latar belakang kita, sewaktu kita bertemu dengan Tuhan dan kita bilang iya maka yang lama sudah berlalu yang baru sudah datang. Dimulai dari kita kenal Tuhan Yesus dan hebatnya Alkitab kita katakan Bukan kamu yang memilih Aku tetapi Akulah yang memilih kamu. Kita dasarnya tidak kenal Tuhan karena lahir dari orang yang sudah berdosa, benih dosa sudah ada dalam hidup kita, saudara lihat kalau talenta ngalir, warisan ngalir, kita sebagai anak maka dosa orang tua juga ngalir. Makanya kita tidak mungkin kenal Tuhan tetapi sampai kita ketemu dengan Yesus dan Tuhan bilang bukan kamu yang memilih Aku tetapi Akulah yang memilih kamu. Karena Tuhan yang pilih kita makanya kita harus betul-betul menghargai pilihan Tuhan itu supaya kita betul-betul paham apa yang dipilih Tuhan

Kesaksian Pendeta Erwin Widjaya - House Of Glory Batam
Sewaktu Tuhan memilih saya (Pdt Erwin Widjaya) saya punya cita-cita sendiri, saya mau jadi business man dan sewaktu Tuhan memanggil saya merasa keberatan sekali dan Tuhan bikin segala cara sampai akhirnya saya bertemu dengan Yesus dan Tuhan panggil saya, dan saya putuskan Oke Tuhan. Kalau saya jadi bisnisman pasti gagal karena bukan panggilannya.

Sewaktu orang itu masuk dalam panggilannya maka orang itu menjadi luar biasa, oleh karena itu kita harus temukan panggilan kita itu apa dan kita masuk didalamnya, kalau saudara dipanggil jadi dokter jadilah dokter yang luar biasa, seorang pengusaha-pengusaha yang luar biasa dan kalau Tuhan pakai kita jadi Ibu Rumah Tangga jadi lah ibu rumah Tangga yang luar biasa.

Kesaksian bagaimana Mama Pak Erwin Widjaya menemukan panggilannya
Mama saya orang yang sederhana, orang yang sekolahnya tidak tinggi, mama saya tergantung sekali sama papa, apa-apa papa saya. Papa saya berteman dengan bisnisman, penguasa dan mama saya tidak bisa mengikuti karena tidak sekolah tinggi jadi saya tau sebagai anak saya kebanyakan minder dan diam tidak banyak ngomongnya.

Waktu papa dipanggil anak-anak sudah besar jadi mama saya begitu susahnya bergumul sendirian bagi anaknya, dan tidak bisa berbuat apa-apa karena selama ini papa saya yang menjadi ujung tombak, sampai suatu hari mama saya berkabung dan Tuhan panggil dia untuk buka televisi dan disitu ada bapak pendeta yang berkhotbah “ disini ada seorang ibu yang berkabung Tuhan katakan kamu harus bangkit, kata itu mama saya tau Tuhan memperhatikan hidupnya dan mama saya bangkit dan bangkitnya bagaimana? Mama saya mengambil keputusan untuk mencari Tuhan setiap pagi jam 2 – jam 4 mengangkat pujian dan penyembahan lalu berdoa buat anaknya dan cucu-cucunya, sekarang dari 6 orang anak dan ke enam-enamnya jadi pendeta. Mama saya mengambil panggilannya sebagai seorang sederhana untuk menjadi pendoa bagi keluarganya sehingga anak-anaknya melayani Tuhan dan ternyata memang betul Tuhan panggil. Kami bersyukur sekali kepada Tuhan untuk seorang ibu yang luar biasa. Panggilan Tuhan semuanya mungkin, Dia Allah yang hidup dan kalau Tuhan pilih kita, siapapun kita Tuhan mau kita masuk kedalam rencananya, sesuatu yang kita hasilkan yang luar biasa, 

2. Lalu Kemudian setelah Tuhan pilih kita Tuhan akan bawa kita kedalam suatu kota, kota pilihan Tuhan karena Tuhan taruh perintah “Usahakanlah kesejahteraan kota kemana kamu Aku buang dan berdoalah untuk kota itu karena kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu, kita harus berdoa untuk kota, kita harus cinta kota. Dulu saya (Pdt Erwin) tidak suka dengan batam, tidak mau saudara, tetapi Tuhan mau taruh saya sampai batam masuk kedalam rencana Tuhan. 

3. Kita juga harus tertanam didalam gereja lokal, kita harus bertunas di pelataran Allah, seperti tanaman kalau kita dipindah-pindah maka tanaman itu tidak akan jadi apa-apa.
Jika kita hanya kejar firman yang enak-enak saja maka kita tidak akan jadi apa –apa, tetapi waktu kita tertanam dalam visi gereja. Tuhan bilang engkau adalah Petrus dan diatas batu karang ini aku akan mendirikan jemaatkan dan alam maut tidak akan menguasainya. Manusia itu hebat sekali, manusia adalah buatan Tuhan dan apa saja bisa ditaklukkan, manusia bisa ciptakan pesawat yang begitu besar, bikin bulan, periksa apa yang ada di dalam laut dan perut bumi, tapi cuma satu yang tak bisa ditaklukan yaitu maut. Gereja Tuhan tidak dikuasai oleh Alam Maut, Tuhan Yesus telah firmankan dan telah menebuskan kita semuanya. Ini yang tidak disukai oleh iblis. Tuhan katakan gereja dalam bahasa ibrani dan yunani yaitu Eklesia yaitu tempat berkumpul orang-orang berpengaruh, pejabat untuk menentukan nasib kota, mereka tentukan kota itu perang atau tidak oleh orang-orang berpengaruh, orang-orang hebat yang bisa masuk kedalam eklesia. Tetapi Tuhan bilang eklesianya Tuhan itu luar biasa, siapa saja bisa masuk. Dan Tuhan katakan kamu adalah garam dunia, kamu adalah terang dunia siapa saja dan dari background apa saja bisa masuk.
Fungsi gereja Tuhan luar biasa makanya Tuhan kasi otoritas kepada gereja dan kita tertanam dalamnya, masing-masing gereja berbeda dan harus berbeda-beda karena masing-masing punya kekuatan dan kelemahan karena kita tubuh Kristus dan punya panggilan tersendiri dan tidak perlu ada persaingan karena kita adalah satu kerajaan Allah.
Tuhan kita dan pilih gereja dengan tujuan “dan Ialah yang memberikan baik nabi, rasul, pemberita injil untuk melengkapi orang kudus, Saudara orang kudus Tuhan, Tuhan pakai gembala, pengajar, nabi untuk membentuk/ melengkapi saudara dalam pembangunan Tubuh Kristus sampai kita mencapai kesatuan iman. Digereja Tuhan bentuk, Tuhan proses.
Saudara boleh jadi orang berhasil diluar jadi orang hebat tapi Tuhan bawa kita digereja supaya kita jadi hamba, jadi seorang yang belajar taat. 

4. Tuhan akan membentuk kita sesuai benda
Efesus 2:10 – kita buatan Allah untuk perbuatan baik, diciptakan dalam Kristus Yesus yang dipersiapkan Allah dan ia mau kita hidup dalamnya
Sewaktu terima Tuhan Tuhan kita dibentuk/ proses sudah dipersiapkan dan sesuai rencananya.
Seperti Tukang periuk dan pejunan. Tuhan bikin kita seperti itu untuk menaruh segala talenta yang sesuai dengan fungsinya.

Yeremia 18: 1 – 6 seorang Nabi disuruh Tuhan untuk ke tukang periuk dan melihat ada bejana yang sudah hancur dibiarkan, tetapi ada yang sedang dibentuk tetapi rusak maka oleh tukang bejananya diubah lagi dan dibuatkan sesuatu yang lain berarti ada 3 hasil pembentukan ini: gagal, dibentuk ulang, berhasil . kita bagian yang mana?

Contoh Gagal
Jangan sampai seperti orang Israel Tuhan katakan kamu akan masuk ke tanah perjanjian, jutaan orang tidak dapat masuk ke tanah tersebut karena menista Tuhan, kecuali Yosua dan Kaleb. Berarti hidup kita bisa tidak sampai ke destinasi Tuhan
Saul dipilih Tuhan tetapi dia menjadi sombong dan pada akhirnya mati tragis di pertempuran. Dikatakan Setelah Saul disingkirkan: saudara jangan sampai sesuatu yang dirancangkan kepada kita oleh Tuhan digantikan oleh orang lain karena respon kita.
Jika kita tidak hati-hati kita disingkirkan, waktu kita keluar dari rancangan Tuhan apa yang terjadi dalam hidup kita? Tragis.
Uzia melakukan apa yang benar dimata Tuhan, Zakharia mengajarkan tentang takut akan Tuhan. Setelah ia jadi kuat ia menjadi sombong melakukan hal yang merusak, dan jahat dimata Tuhan, kita lihat akhir hidupnya uzia sakit kusta sampai matinya.
Kolose 4: Demas mencintai Dunia, dulunya melayani bersama hamba Tuhan besar

Contoh Dibentuk Ulang
Orang tua Simson mandul minta anak dan Tuhan jawab tapi anaknya akan jadi nazir Allah, masa mudanya disia-siakan dengan mencintai Delilah, dia bermain-main dengan kekuatannya, akhirnya ditangkap oleh orang filistin matanya dicungkil tangannya di rantai. Dia tidak sadar bahwa Tuhan telah meninggalkan dia dan dia tidak sadar, jangan sampai seperti itu. Sewaktu di penjara dia bertobat dia minta kekuatan dan bangunan tersebut dirobohkan dan dia membunuh lebih banyak orang dari masa hidupnya.
Salomo minta hikmat, dia diberikan kekayaan dan dia diberkati, semua dilakukan oleh dia dan dia memiliki istri 1000 istri dan istrinya membawa dia kedalam dosa. Salomo berubah setia, tetapi Tuhan kasi dia kesempatan untuk bertobat dan dia menulis pengkhotbah “akhir kata dari semua yang didengar adalah takutlah akan Tuhan dan berpeganglah padanya karena Tuhan akan membawa setiap perbuatan ke pengadilan.
Apapun latar belakang kita, Tuhan mau bawa kita kedestinasinya Tuhan,

Contoh Yang Berhasil
Ingat Tuhan sayang hidup kita, waktu penjunan bikin bejana, saudara lihat tangannya lagi menjaga bejana itu, percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, jangan bersandar pada pengertianmu akuilah dia dalam segala hal dan ia akan meluruskan jalanmu.
Percayalah kepada Tuhan, tak usah khawatir dan takut. Kita lihat akhir bukan lihat awal, Proses pasti berhenti.
Dalam membuat bejana ada campuran air supaya lunak, air bicara tentang firman Tuhan, waktu kita lihat firman Tuhan ada Roh Kudus yang bimbing dan kita diajari. Firman Tuhan bersihkan kita, karakter kita dibersihkan
Bejana tanah liat itu harus masuk ke perapian, proses tidak bisa lari dan kamu pasti kena. Tuhan tau bejana itu dari harta.
Untuk jadi bejana yang baik, api harus di naikkan pelan-pelan sampai 1000 derajat celcius
Untuk menghilangkan kandungan air dan material tidak murni lainnya, api dipakai oleh Tuhan untuk menguji.

Api kehidupan ada 2: Ujian atau Teguran
Teguran: Tuhan hajar karena kita melakukan hal yang bertentangan dengan Tuhan
Ujian: Tidak ada apa-apa (Kita lakukan hal yang benar) berarti kita di uji supaya naik tingkat (Kelas)

Perhatikan api apa yang datang, kalau kita ditegur maka betobat tetapi kalau di uji kita tekun, kita setia sama Tuhan.
Tuhan memberkati Saudara !!!

Khotbah Pak Erwin Widjaya - House Of Glory DC Mall on 7 August 2016

Popular posts from this blog

Kunci Menghancurkan Penghalang Janji Tuhan!

Perbedaan Suara Allah dan Suara Iblis/ Setan

Tipe Kepribadian Melalui Test DISC