Terapi Menghilangkan Stress: Terapi Tertawa



Ada begitu banyak metode yang ditawarkan dalam menghilangkan stress dan semuanya itu tidak ada salahnya jika di praktekkan sesuai dengan panduan yang benar. didalam sesi seminar saya diajarkan untuk melakukan terapi tertawa dan terapi pernafasan.

Menurut saya, terapi ini adalah terapi dasar yang setiap orang lakukan apabila menghadapi stress, isi dan pesan yang disampaikan sama saja tetapi dibungkus dengan lebih menarik sehingga orang-orang mengikuti seminar tersebut.

Jiu Jitsu solving ini menyangkut laught teraphy, vocal teraphy, self healing, self motivation dan dance. Hal-hal ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja tetapi gampang-gampang susah.
Tertawa adalah hal yang gampang dan bisa dilakukan oleh siapa saja benar? Tetapi apakah bisa tertawa sewaktu keadaan hati kita lagi panas, lagi emosi, lagi banyak tekanan?

Nah inilah uniknya terapi stress menggunakan metode Jiu Jitsu: saya dijelaskan ada 4 teknik:
  1. Teknik Memanah - caranya adalah dengan cara mengambil posisi memanah dan kemudian mengarahkan anak panah tersebut ke arah atas sambil membuat gerakan badang serta teriakan yang membuat kita merasa bahagia. setelah arah panah ke atas kemudian kita melepaskan anak panah tersebut dan tertawa dengan keras dan selucu-lucunya.
  2. Teknik MilkShake - caranya hampir sama dengan teknik memanah, hanya saja bentukan kedua tangan seperti memegang botol milkshake dan kemudian digoyang-goyangkan sambil mengarahkan tangan keatas kepada dan menenguk (sewaktu meneguknya kita tertawa sekeras-kerasnya dan selucu-lucunya)
  3. Teknik Mengejek - Teknik ini dilakukan apabila kita memiliki teman main, untuk catatan yang kita ejek adalah hal-hal lucu yang dimiliki oleh teman kita.
  4. Teknik Tawa Ponsel - Teknik ini digunakan seperti kita sedang berbicara dengan seseorang di ponsel dan tertawa sambil meminta waktu kepada seseorang yang hendak berbicara dengan kita.
Kesimpulan dari hal-hal diatas adalah sebenarnya adalah bahagia/ sedih adalah tergantung pilihan kita, mana yang akan kita pilih, apakah kita memilih untuk take and give atau give and take. Apakah kita akan mengikuti ego kita atau kita mencoba untuk give and take untuk kebahagian kita.

Disini juga diajarkan untuk mengubah mood kita; walaupun kita sedih kita coba untuk berlagak bahagia. Cobalah lakukan terapi tertawa ini selama 20 detik dan kita dapat lihat hasilnya.

Apakah dengan tertawa kemudian masalah kita menjadi beres?
Tentu tidak, tetapi dengan tertawa mengubah keadaan negatif menjadi positif, emosi kita menjadi baik dan setelah emosi kita baik maka kita dapat berpikir fokus pada penyelesaian dan bukan pada permasalahannya.


Popular posts from this blog

Perbedaan Suara Allah dan Suara Iblis/ Setan

Kunci Menghancurkan Penghalang Janji Tuhan!

Tipe Kepribadian Melalui Test DISC