Doa Yabes

1 Tawarikh 4: 5 - 11
Asyur, bapa Tekoa, mempunyai dua isteri, yakni Hela dan Naara. Naara melahirkan baginya Ahuzam, Hefer, Temeni dan orang Ahastari. Itulah anak-anak Naara. Anak-anak Hela ialah Zeret, Yezohar dan Etnan. Kos memperanakkan Anub, Hazobeba dan kaum-kaum Aharhel bin Harum. 

Yabes lebih dimuliakan dari pada saudara-saudaranya; nama Yabes itu diberi ibunya kepadanya sebab katanya: "Aku telah melahirkan dia dengan kesakitan." Yabes berseru kepada Allah Israel katanya: "Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!" Dan Allah mengabulkan permintaannya itu.

Orang Yahudi silsilahnya dari laki, bahkan dari adam ada catatannya, lalu kalau kita baca si A memperanakkan si B, semua diceritakan dengan begitu singkat sampai kalau ada sesuatu yang terjadi, yang istimewa atas orang itu, apakah itu sesuatu yang memuliakan Tuhan atau itu berupa hukuman, kalau kita lihat ayat 9 ada satu cerita yang sangat menarik cerita soal Yabes dikatakan Yabes lebih dimuliakan dari pada saudara-saudaranya; nama Yabes itu diberi ibunya kepadanya sebab katanya: "Aku telah melahirkan dia dengan kesakitan." Yabes berseru kepada Allah Israel katanya: "Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!" Dan Allah mengabulkan permintaannya itu.

Ada sesuatu yang istimewa atas orang ini dan dicatat dengan beberapa ayat dan ayat ini berupa suatu doa yang dikabulkan oleh Tuhan. Hal ini sangat dahsyat sekali, isi doa Yabes ini:

    Berkati aku Tuhan berlimpah-limpah bukan bercukup-cukup
    Perluas daerahku
    Sertai aku
    Jauhkan aku dari yang jahat

Ini doa yang sangat hebat sekali, tetapi ini doa yang lumayan egois dan hebatnya doa ini dijawab oleh Tuhan. 

Ayub adalah orang yang diberkati sampai suatu ketika Tuhan mengizinkan iblis menghancurkan hidupnya, Ayub yang dulunya diberkati tiba-tiba kehilangan usahanya, tiba-tiba kehilangan anak dan istrinya.

Iblis minta izin dulu kepada Tuhan untuk menjamah Ayub. Sewaktu Tuhan bertemu dengan iblis dan berkata tidakkah kamu melihat hambaku Ayub, dan Iblis berkata karena Tuhan yang memberkati Dia, karena ada campur tangan Tuhan, karena ada pagar perlindungan sehingga apa saja yang dia perbuat berhasil. Berkat Tuhan luar biasa sekali kalau Tuhan berkati dan Doa Yabes ini berkati aku adalah doa yang sangat hebat sekali, sangat luar biasa sekali. Yabes juga berdoa secara khusus perluas daerahku, jika kita memiliki usaha, usaha kita di perbesar. kalau ini pelayanan gereja maka gerejanya tambah maju, orangnya bertambah banyak dan daerahnya diperluas dan otomatis berkatnya semakin banyak dan pengaruhnya semakin besar. Rumah tangga juga begitu, wilayah saudara juga diperluas, kemudian Yabes juga berdoa Tangan Tuhan menyertai aku, Jika tangan Tuhan yang menyertai siapa yang menjadi lawanNya? lalu kemudian jauhkan kami dari yang jahat supaya kita tidak jatuh, dan dijauhkan dari orang yang berbuat jahat dan hebatnya lagi supaya saya tidak mendapatkan kesakitan, supaya saya hidup enak dan kemudian ayat ini ditutup dengan Allah mengabulkan permintaannya itu.
Coba kita pikirkan kalau kita berdoa seperti ini lalu Allah mengabulkan permintaan kita, kita ini akan menjadi orang yang luar biasa. Tapi pertanyaannya kenapa doa yang egois ini dikabulkan. Jadi mengapa dikabulkan?


Kejadian 32
Kemudian pulanglah para utusan itu kepada Yakub dan berkata: "Kami telah sampai kepada kakakmu, kepada Esau, dan iapun sedang di jalan menemui engkau, diiringi oleh empat ratus orang." Lalu sangat takutlah Yakub dan merasa sesak hati; maka dibaginyalah orang-orangnya yang bersama-sama dengan dia, kambing dombanya, lembu sapi dan untanya menjadi dua pasukan. Sebab pikirnya: "Jika Esau datang menyerang pasukan yang satu, sehingga terpukul kalah, maka pasukan yang tinggal akan terluput." Kemudian berkatalah Yakub: "Ya Allah nenekku Abraham dan Allah ayahku Ishak, ya TUHAN, yang telah berfirman kepadaku: Pulanglah ke negerimu serta kepada sanak saudaramu dan Aku akan berbuat baik kepadamu sekali-kali aku tidak layak untuk menerima segala kasih dan kesetiaan yang Engkau tunjukkan kepada hamba-Mu ini, sebab aku membawa hanya tongkatku ini waktu aku menyeberangi sungai Yordan ini, tetapi sekarang telah menjadi dua pasukan. Lepaskanlah kiranya aku dari tangan kakakku, dari tangan Esau, sebab aku takut kepadanya, jangan-jangan ia datang membunuh aku, juga ibu-ibu dengan anak-anaknya. Bukankah Engkau telah berfirman: Tentu Aku akan berbuat baik kepadamu dan menjadikan keturunanmu sebagai pasir di laut, yang karena banyaknya tidak dapat dihitung."

Ada satu kasus, Tuhan menyuruh Yakub pulang kenegeri Ayahnya, tempat dia menipu kakaknya, jaman dahulu perkataan berkat orang tua sangat besar pengaruhnya dan setelah dilepaskan pasti terjadi, yakub lari merantau jauh dan diberkati. Dia disuruh pulang dan tidak kuat karena kakaknya lebih hebat lagi dan yakub merasa kakaknya pasti dendam sekali sama dirinya, pasti marah sekali dan kalau pulang dia pastilah di bunuh.

Jadi Yakub memakai cara manusia dia kasi sogokan dulu dan melihat situasi, dan utusannya pulang mengatakan kakakmu sedang bergerak dengan ratusan tentaranya, pulanglah orang ini dan yakub menjadi takut karena dia tau kekuatannya besar tapi kakaknya lebih besar lagi. Yakub tergoncang saat itu dan dia berdoa kepada Tuhan.

Doanya didengar oleh Tuhan, dia membawa istrinya dan kepunyaannya keseberang, lalu tinggallah yakub seorang diri dan seorang bergulat sama dia sampai fajar menyingsing, orang itu tidak dapat mengalahkannya lalu memukul sendi paha yakub. Yakub tidak membiarkan orang itu pergi sampai orang itu memberkati dia. (Doanya sama seperti Yabes)

Ini doa yang sama, dan orang itu memberkati Yakub, dan mengganti nama yakub menjadi Israel dan engkau menang. Tuhan menjamah kakaknya dan apa yang ditakutkan Yakub tidak terjadi.
Ada sesuatu dalam doa ini yang betul-betul Tuhan dengarkan.

Firman Tuhan dalam Yakobus: Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.
ada peraturan doa tidak dijawab

    tidak mendapat karena tidak meminta
    kamu meminta tapi yang kamu minta salah (untuk memuaskan hawa nafsu)

Kesimpulan dari doa Yabes bukan hawa nafsu, doa yakub juga bukan hawa nafsu.
Yabes arti namanya Susah/ Masalah/ Malapetaka.
kenapa orang tuanya memberikan nama anak begitu: "Aku telah melahirkan dia dengan kesakitan."
lebih dimuliakan dalam bahasa ibraninya "Kabad" memiliki 2 arti:
Jelek: Keadaan yang berat sekali
Bagus: Betul-betul dimuliakan oleh Tuhan

Tuhan taruh nama ini sebagai pelajaran, apapun keadaan kita sekalipun dalam keadaan yang berat, Tuhan sanggup menolong kita, Mau bagus mau jelek engkau tetap dimuliakan.

Kenapa Yabes dimuliakan oleh Tuhan? Karena pasti Yabes memuliakan Tuhan.
Siapa yang menghormati Aku akan Kuhormati.
Kata Hormat itu sama artinya dengan kata dimuliakan.

Doa Yabes adalah Janji Tuhan untuk anak-anakNya.
Ibrani 10:23
Marilah kita teguh berpegang pada pengakuan tentang pengharapan kita, sebab Ia, yang menjanjikannya, setia
Kejadian 12:2
Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu; Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat. Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat."
Mazmur 121:7
Matahari tidak menyakiti engkau pada waktu siang, atau bulan pada waktu malam. TUHAN akan menjaga engkau terhadap segala kecelakaan; Ia akan menjaga nyawamu. TUHAN akan menjaga keluar masukmu, dari sekarang sampai selama-lamanya.
Yohanes 10:10
Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala

Mengapa Doa Yabes didengar oleh Tuhan?

    Karena Yabes Berseru kepada Allah Israel Allah yang benar (Yer 33:3); Didalam berseru ada doa.
    Karena yang didoakan oleh Yabes adalah janji Tuhan.

Tuhan memberkati!
Dikhotbahkan oleh Pdt Erwin Wijaya, Gereja House Of Glory DC Mall

GBI Windsor Square Office
Windsor Square Blok A/45-46, Jodoh
Batam 29444
Indonesia
Telp : +62 778 - 433577
Email : admin@houseofglory.id

Popular posts from this blog

Perbedaan Suara Allah dan Suara Iblis/ Setan

Kunci Menghancurkan Penghalang Janji Tuhan!

Tipe Kepribadian Melalui Test DISC