Cara Memiliki Wajah Berseri

Bagaimana bisa hidup produktif dan maksimal? Bagaimana mengembangkan talenta dan bakat secara optimal? Bagaimana bisa sukses, berhasil dan beruntung? Ada orang pandai tetapi tidak beruntung, ada orang sukses tetapi tidak maksimal, ada orang berhasil tetapi tidak bahagia.

Hati adalah sumber kehidupan. Untuk berhasil, sukses dan beruntung, hidup bahagia dan maksimal, maka pemulihan hati adalah fondasinya! Milikilah hati yang indah!

Dampak dari pemulihan hati, secara praktis dapat dilihat dari wajah seseorang, karena bagaimanapun, wajah adalah cermin dari perwujudan hati. Kejadian 4:5 tetapi kain dan korban persembahannya tidak diindahkan-Nya. Lalu hati Kain menjadi sangat panas, dan mukanya muram. Ketika hati Kain hatinya panas, maka mukanya muram. Demikian juga dengan kita, jika lagi sedih, jengkel, dongkol, kecewa, kepahitan, maka muka anda akan kusam, kucel, bahkan jelek sekali! Sebaliknya jika kita hatinya bergembira, penuh ucapan syukur maka muka pastilah berseri-seri dan tampak lebih menyenangkan. Muka adalah cerminan hati.

Wajah yang berseri-seri, karena hati yang pulih, mengundang berkat, disukai dan dicintai oleh sesama atau orang lain. Wajah berseri-seri mengundang berkat, dicintai dan dipakai Tuhan seperti beberapa tokoh berikut ini.

Kejadian 39:6 Segala miliknya diserahkannya pada kekuasaan Yusuf, dan dengan bantuan Yusuf ia tidak usah lagi mengatur apa-apapun selain dari makanannya sendiri. Adapun Yusuf itu manis sikapnya danelok parasnya. 

1 Samuel 16:12; Kemudian disuruhnyalah menjemput dia (Daud), Ia kemerah-merahan, matanya indah dan parasnya elok. lalu TUHAN berfirman: "Bangkitlah, urapilah dia, sebab inilah dia."

Ester 2:7; Mordekhai itu pengasuh Hadasa, yakni Ester, anak saudara ayahnya, sebab anak itu tidak beribu bapa lagi; gadis itu elok perawakannya dan cantik parasnya. Ketika ibu bapanya mati, ia diangkat sebagai anak oleh Mordekhai.

Kejadian 24:16 Anak gadis itu (Ribka) sangat cantik parasnya, seorang perawan, belum pernah bersetubuh dengan laki-laki; ia turun ke mata air itu dan mengisi buyungnya, lalu kembali naik. 

Ayat diatas menunjukkan orang-orang yang wajahnya berseri (elok parasnya) dicintai sesama dan dicintai Tuhan. Ini berkat yang imbang. mereka adalah orang-orang yang memiliki wajah berseri, Yusuf dan Daud yang dicintai dan dipakai Tuhan secara luar biasa. Ester dan Ribka yang sangat dicintai oleh suaminya. Ester menghadap Raja dalam pertemuan para lelaki yang menurut adat persia bisa dihukum mati, tetapi Ester tidak dihukum, karena Raja sangat mencintainya. Ribka mandul dan ishak tidak menikah lagi, walaupun ia hidup dizaman dimana orang berpoligami adalah biasa. Ishak berdoa buat Ribka (kejadian 25) karena Ishak mencintai Ribka (Kejadian 24:67)
Selain ayat diatas, masih ada Nehemia yang tidak pernah sedih (Nehemia 2:1-2), dan Nehemia dicintai oleh Raja, sehingga raja memberikan apa saja yang diminta oleh Nehemia, bahkan Raja memberi lebih dari yang diminta Nehemia.

Ada Paulus, rasul yang luar biasa, menulis buku paling banyak, melakukan perjalanan misi paling luas dan dia adalah rasul yang selalu bersukacita, sehingga dipenjarapun dia memuji Tuhan. (Kisah Para Rasul 16:26). Musa yang banyak menyanyi (Keluaran 32), Rahel yang wajahnya berseri, sedangkan Lea tidak, dan Yakub mencintai Rahel, lebih daripada yang lain.

1. Bersukacita
Bersukacita, dalam bentuk praktisnya tersenyum dan tertawa, akan membuat muka berseri-seri. Tertawa membuat hormon endorphine, serotonim dan melatonim, tiga hormon positif ini diproduksi lebih banyak lagi, hormon itu baik bagi kesehatan, melancarkan peredaran darah dan membuat muka lebih merona, lebih cerah. Ketiga hormon itu juga dikenal mendongkrak kekebalan tubuh. Karena itu sangat ilmiah, jika Firman Tuhan berkata: "Hati yang gembira adalah obat"

Amsal 15:13 Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat

Amsal 17:22 Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang. 

Sebaliknya, jika seseorang marah,hormon kortisol dan adrenalin akan diproduksi lebih banyak. Kortisol dikenal mempercepat kerusakan endothelium arteri jantung. Kecewa, sakit hati dan kepahitan, memicu munculnya hormon epinefrin yang bereaksi negatif dan menurunkan kekebalan tubuh, membuat seseorang lebih mudah sakit.

Karena itu jika ingin memiliki wajah yang bersih berseri-seri, sekali lagi, bersukacitalah!

2. Berbuat Baik
Kejadian 4:5 tetapi Kain dan korban persembahannya tidak diindahkan-Nya. Lalu hati Kain menjadi sangat panas, dan mukanya muram. 
Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip didepan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya."
 Jika ingin tetap cantik dan ganteng dihadapan suami/isteri, tetaplah masing-masing berbuat baik kepada pasangannya . Jagalah hatimu tetap ' sedia memberikan pertolongan'. Enegi yang dikeluarkan untuk menolong dan berbuat baik, sebenarnya tidaklah sebesar energi yang hilang karena marah-marah tidak mau menolong, belum lagi kebahagiaan dan hati yang terluka karenanya. Energi untuk berbuat baik, bahkan akan kembali berlipat karena kebahagiaan dan rasa berarti yang ditimbulkan.

3. Mengampuni
Pengkhotbah 8:1 Siapakah seperti orang berhikmat? Dan siapakan yang mengetahui keterangan setiap perkara? Hikmat manusia menjadikan wajahnya bercahaya dan berubahlah kekerasan wajahnya.

Hikmat kebijaksanaan membuat wajah seseorang 'bercahaya'. Aura yang dipancarkan adalah kemuliaan, ketenangan dan damai sejahtera. Tapi apakah bentuk praktis dari hikmat kebijaksanaan? Siapa yang disebut orang berhikmat dan bijaksana?
 a. Tidak mudah marah
Orang yang mudah marah disebut orang 'bodoh'. Jika pemimpin mudah marah, tanpa mendengar, tanpa mempelajari kasusnya dan langsung marah-marah, anak buah akan berkata: "Bapak tidak bijaksana:. Ibu atau bapak yang cepat marah, anak akan berkata dalam hati: " Mama/Papa tidak bijaksana:. Orang bijaksana, cepat mendengar dan lamban berkata-kata. Orang yang mudah marah, wajahnya 'keras' tidak 'berseri'.
 b. Mengampuni
Orang yang tidak mengampuni disebut orang 'bodoh' dan yang mengampuni disebut 'bijaksana'. Ketika orang kecewa, dendam dan kepahitan, hatinya panas dan mukanya muram. Wajah adalah ekspresi hati, ketika orang bisa mengampuni, maka wajahnya akan berubah. Esau yang wajahnya keras, berubah seperti 'wajah Allah' karena mengampuni Yakub

4. Ingat Kebaikan Tuhan
Bagaimana kita bisa bersukacita, berbuat baik dan mengampuni? Karena jika orang lain mengalami segala yang baik, kelimpahan, berkat dan kekayaan dan kita tidak? Bisakah kita bersukacita dan berbuat baik? Bukankah kita akan semakin merana menyaksikan segala keberhasilan dan kebahagiaan orang lain?
Ingatlah kebaikan Tuhan! karena mengingat kejelekan pasangan, selalu mengingat dan mengasihani diri sendiri karena masalah-masalah yang dialami, akan memicu sikap 'bahwa Tuhan tidak adil' dan itu akan membuat muka cemberut. Dalam kejadian yang tidak baikpun, selalu akan ada 'kebaikan Tuhan' dan 'rencana yang baik' atas kejadian tidak baik tersebut. Kenapa orang mukanya tidak berseri? Karena menganggap Tuhan tidak adil.
Mereka berkata ; "Tuhan tidak adil, kenapa dia lebih diberkati, kenapa dia menikah duluan, kenapa dia lebih maju. Tidak ada yang berkata Tuhan tidak adil, kenapa orang dipinggir jalan itu kedua matanya buta sedangkan saya punya dua mata?"
Kalau mau adil, adilnya saya dan anda masuk neraka, karena kita telah berbuat dosa. Hitunglah dan lihatlah berkat yang engkau miliki dan bukan berkat yang engkau tidak miliki. Masih banyak yang kita bisa syukuri , jika kita mau melihat kebaikan Tuhan dan terlebih kasih karunia-Nya. menebus dan menyelematkan kita dari dosa, melalui pengampunan dosa di kayu salib, melalui Yesus Kristus.

Yeremia 31:12a Mereka akan datang bersorak-sorak diatas bukit Sion, muka mereka akan berseri-seri karena kebajikan TUHAN,

Kasih terbesar, karena Tuhan Yesus rela mati, menebus dosa kita, sehingga kita memiliki jaminan pengampunan dosa, dan kepastian keselamatan. Ucapkan syukur untuk kesehatan, ucapkan syukur untuk udara yang kita hirup dengan cuma-cuma, ucapkan syukur untuk setiap hal yang engkau bisa miliki dan nikmati. Biarlah hatimu mengingat kebajikan Tuhan, dan mukamu akan berseri-seri!

Orang yang bersyukur, ingat yang baik-baik, akan banyak berbuat baik, berbuat baik, karena ingat kebaikan Tuhan. Berbuat baik sebagai ucapan syukur karena merasakan kebaikan Tuhan.

5. Bergaul dengan Tuhan
Mazmur 34:6, Tujukanlah pandanganmu kepada-Nya, maka mukamu akan berseri-seri, dan tidak akan malu tersipu-sipu

Keluaran 34:29 Ketika Musa turun dari gunung Sinai - Kedua loh hukum Allah ada ditangan Musa ketika ia turun dari gunung itu-tidaklah ia tahu, bahwa kulit mukanya bercahaya oleh karena ia telah berbicara dengan TUHAN.

Dengan bergaul dengan Tuhan, maka kita akan selalu mengingat kebaikan-Nya, kita diberi kekuatan untuk mengampuni dan kita hanya bisa dan sanggup mengampuni. Jika sudah merasakan pengampunan Tuhan dan merasakan kasih-Nya. Dengan bergaul dengan Tuhan, kita selalu diberi sukacita surgawi, roh sukacita yang akan membuat kita senantiasa berpikir positif dan bisa mengucap syukur dalam segala hal.

Bagaimana memiliki muka yang berseri-seri? Muka manusia sebenarnya memancarkan cahaya atau aura. Mata jasmani kita memang tidak bisa melihat dengan mata telanjang, namun ada kamera 'night shoot' seperti yang dipasang dalam senjata untuk malam hari, bisa mendeteksi cahaya kehijauan yang keluar dari tubuh manusia.

Demikian juga wajah kita, sebenarnya mengeluarkan cahaya, atau aura, dan itu sangat dipengaruhi oleh hati kita.

Wajah berseri adalah dampak dari pemulihan hati. 

Semoga kita semua memiliki wajah yang berseri-seri dan selalu mengucap syukur dan menjadi berkat bagi kehidupan pribadi, keluarga, lingkungan dan dunia ini.

Tuhan memberkati!

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Suara Allah dan Suara Iblis/ Setan

Kunci Menghancurkan Penghalang Janji Tuhan!

Tipe Kepribadian Melalui Test DISC