Tuhan memanggil kita dengan nama

Ada anak muda yang baru tamat sekolah berpikir untuk memulai bisnis, bisnis apa yang harus diambilnya? apakah dia harus mengambil bisnis franchise atau bagaimana? sampai suatu saat dia mendapati poster 'Government Project' kemudian dia pulang dan menanyakan kepada orang tuanya, dan orang tuanya mengatakan tidak usah masuk ke bisnis ini!
Orang tuanya mengatakan sewaktu engkau masuk ke bisnis ini engkau akan kehilangan temanmu, bahkan sewaktu saya (orang tuanya) meninggal engkau tidak dapat hadir di pemakaman saya. Tapi ma/pa apabila saya dapat bisnis ini saya bisa kaya, saya bisa berikan 50 persen kekayaan saya kepada orang miskin, orang tuanya katakan tidak, engkau tidak bisa beribadah, apabila saudaramu menikah engkau tidak akan diundang, dan apabila temanmu punya acara maka engkau juga tidak diundang. mohon jangan masuk ke bisnis ini. tetapi seperti anak muda yang lain apabila mereka sudah mengambil keputusan maka mereka akan maju terus.
Dan dia mulai menghitung nilai proyek, jadi proyek tersebut adalah proyek pemerintah untuk memungut pajak. Pemerintah tidak mau datang kerumah rumah untuk mengambil uang jadi dia memberi tender proyek untuk memungut pajak dari orang di daerah tersebut. Inilah yang dilakukan oleh pemerintah romawi terhadap orang israel. Pemerintah romawi tidak mau menampakkan bahwa mereka jahat jadi mereka ambil orang israel untuk mengambil pajak.
Anak muda tersebut mulai menghitung pajak disuatu daerah tersebut dan perkiraanya adalah 1 juta dolar, dan apabila dia menang tender proyek tersebut maka dia harus membayar dimuka kepada pemerintah romawi sebesar 1 juta dolar baru kemudian dia memiliki hak untuk mulai menagih ke rumah-rumah untuk mendapatkan kembali uangnya dengan bunga.
Jadi pemungut cukai ini memiliki dukungan dari pemerintah romawi untuk mengambil apa yang jadi keinginannya dan dizaman Tuhan Yesus ini merupakan bisnis yang bagus. Pemungut cukai ini membayarkan pajak orang-orang didaerahnya dahulu kepada orang lain dan baru menagih kembali uang yang telah diserahkan kepada pemerintah romawi.
Pemungut cukai sangat tidak disukai oleh orang israel pada waktu itu karena praktek kecurangannya dalam memungut pajak, mungkin mereka seharusnya membayar 200 dolar tetapi pemungut cukai menagih 400 dan bahkan 600 dolar, apabila orang tersebut tidak dapat membayar maka mereka akan membebankan kepadanya bunga yang lebih tinggi lagi. Pemungut cukai sering dijuluki juga penghianat.
Jika ada orang yang mengundang pemungut cukai dalam pestanya maka orang tersebut tidak akan dipercaya lagi oleh orang di lingkungannya.
Ada satu kisah alkitab tentang pemungut cukai yang adil di dalam kitab Lukas menceritakan tentang pemungut cukai yang kerdil (mikros, midget orang pendek). dan tidak ada seorang pun yang mengingat namanya, orang mengatakan pemungut cukai bodoh, idiot, penipu, penghianat dan segala macam yang buruk dan dia juga dihina oleh banyak orang.
Suatu hari Yesus datang ke kota, karena dia kerdil/ kecil dia tidak dapat melihat Yesus sehingga dia manjat ke atas pohon untuk melihat Yesus. Dia sangat kagum terhadap Yesus, banyak orang mengerumuni Dia dan bahkan teman sekerjanya Matius pemungut cukai juga mengikuti Yesus. Dan Yesus sedang berjalan dan begitu banyak orang yang mengerumuni dia dan Yesus melihatnya dan memanggilnya 'zakheus' dan zakheus tidak pernah bertemu dengan Yesus sebelumnya begitu juga Yesus, bagaimana Dia tahu nama saya? setiap orang memanggil saya bodoh, Orang ini memanggil saya dengan nama saya. Bagaimana Dia tahu nama saya.
Kita tahu Yesus ditempat ini, hari ini dan Dia menyebut kita dengan nama kita. Dan Zahkheus turun dari pohon lari ke Tuhan Yesus, Zakheus kata Tuhan Yesus 'Aku mau makan malam dirumahmu. dan Zakheus mengatakan kepada Tuhan Yesus untuk memberikan separuh kekayaannya kepada orang miskin. Ini bukan suatu tindakan buru-buru, pemungut cukai seperti akuntan dan kalau kita tahu seorang akuntan biasanya mereka memegang erat-erat uang mereka, setiap sen di hitung. Mungkin sepanjang hidupnya dia mau memberikan hartanya tapi tidak ada yang percaya. Mungkin selama ini kita mau melakukan hal yang bagus tapi karena masa lalu kita tidak ada yang percaya kepada kita, tidak ada yang berikan kesempatan. Tuhan datang dan memberikan kita kesempatan.
Ingat banyak orang yang mengerumuni Yesus baik orang farisi, saduki dan masyarakat berbisik-bisik karena Yesus mau makan malam dengan Zakheus. Dan Zakheus langsung mengatakan jika aku pernah menipu salah seorang dari mereka tentang uang pajaknya maka aku akan mengembalikan empat kali lipat kepada mereka, apabila kita disana. saudara, apabila kita ada disana dan mendengarnya dan tahu bahwa pemungut cukai itu pernah menipumu maka engkau pasti akan mengklaim 4 kali lipat ditambah bunga. Hal yang luar biasa adalah bahwa tidak ada orang yang mengklaim bahwa mereka telah dicurangi oleh zakheus.
Tuhan memanggil kita dengan nama kita!
Zakheus artinya orang yang benar, tidak ada orang yang memanggilnya sebagai orang yang benar selain Yesus. Mungkin orang lain telah salah paham padamu, mungkin engkau datang dengan kecewa karena orang lain tidak ada yang percaya padamu, dan setiap orang memanggil engkau dengan nama-nama yang lain. Tapi hari ini Tuhan akan memanggil engkau dengan namamu sendiri dan bukan dengan penderitaanmu tapi namamu! Amin.
Mungkin engkau mengatakan bahwa engkau sebagai penyakit!
Beberapa orang datang keklinik saya mengatakan bahwa dia depresi dan saya mengatakan sejak kapan namamu berubah dari tomi menjadi depresi? Terkadang kita mengambil penderitaan ini kedalam hidup kita, dan seringkali kita mempersonalisasikan penyakit itu adalah diri kita. Bukan penyakit tidak bisa menyembuhkan penyakit! Orang dapat mengalahkan penyakit! tapi kalau engkau adalah penyakit maka engkau tidak mengalahkan penyakit. Oleh sebab itu Tuhan memanggilmu dengan namamu. 
Mungkin engkau mengatakan bahwa engkau sebagai kegagalan!
Ada orang yang menyebut dirinya itu bodoh, kamu tahu fosil adalah suatu kondisi dimana dirinya menyatu, ada orang yang menyebut dirinya itu sendiri buruk/ jelek, didalam kerajaan Tuhan tidak ada yang jelek, tidak ada yang bodoh dalam kerajaan Allah, jadi berhenti memanggil dirimu dengan penderitaan karena Tuhan menyebut namamu. Engkau menyebut dirimu dengan penderitaan sehingga engkau tidak tidak dapat terhubung dengan Tuhan.
Mungkin kita menyebut diri kita seorang gagal seperti wanita ini, Dia menyebut dirinya kegagalan karena kawin cerai selama 5 kali, setiap suami yang dinikahinya pergi meninggalkannya. 5 kali cerai adalah record olympic yang tidak mau kita capai kan :) dan sekarang pria yang tinggal bersama dengannya bukanlah suaminya. dan setiap orang dikampung itu membicarakan wanita itu.
Setiap pagi mereka pergi kesumur, setiap pagi perempuan dikampung pergi kesumur untuk mengambil air karena suasananya masih adem/ dingin. Dan setiap pagi wanita-wanita itu bercerita/gosip tentang dengan wanita itu. Dan wanita yang dibicarakan itu datang kesumur dan orang yang berbicara tentang dia akan diam, wanita ini tau bahwa dia dibicarakan dan merasa tidak nyaman. Dengan cepat dia ambil air dan pulang kerumah.
Dan dia bicara kepada diri sendiri ' saya tidak akan pergi kesumur itu pada saat ada orang' jadi dia ambil keputusan untuk pergi kesumur pada waktu siang hari (hari yang paling panas). dia akan berjalan dan berhenti dan mulai berpikir 'kenapa aku begitu gagal', 'apa yang salah dengan diriku', 'kenapa aku tidak bisa menjaga pernikahanku' dan dalam perjalanan pulang ' mengapa aku begitu terkutuk', mengapa? mengapa? mengapa? mengapa aku menjadi orang yang tertolak. Setiap hari dia berjalan ke sumur, mengutuki dirinya sendiri dan pulang kerumah.
Suatu hari dia berjalan ke sumur dan ada pria disitu dan pria itu tersenyum dengan sangat ramah. wanita ini melihat pria ini dan tidak ada yang lain dan wanita ini tau bahwa pria ini tersenyum padanya.
Pria ini berbicara padanya 'bolehkah engkau memberikan segelas air' dan wanita itu merespon 'apa? engkau meminta kepada saya? jika engkau tau siapa saya engkau mungkin tidak akan memintanya!
dan engkau tidak akan berbicara pada saya. dia adalah orang yang terdakwa yang paling rendah.
Dan Yesus tersenyum dan respon jika engkau tau siapakah saya, saya akan memberikan mu air minum dan engkau tidak haus lagi! 
Dua orang berkomunikasi tapi tidak sambung. Mungkin engkau beribadah tapi pikiranmu penuh dengan permasalahanmu engkau berusaha memberi tau Tuhan Yesus masalahmu. Tapi Tuhan mencoba memberi tahu saudara, Aku disini. Aku datang menolongmu, tapi engkau terus membicarakan masalahmu dan engkau tidak terhubung dengan Tuhan. Dan mereka ada satu percakapan dan murid Tuhan Yesus datang, dia lari ke kampung itu, saya bertemu dengan mesias, dan semua orang kampung itu melihatnya tapi orang kampung tidak percaya dan orang kampung pergi kesumur itu melihat Yesus dengan mata kepala sendiri.
Apakah saudara tahu Yesus menunggu wanita itu dua kali, yang pertama kali percakapan khusus, Disaat perempuan ini membawa satu kampung ke sumur. Yesus menunggu dibawah terik matahari untuk menunggu wanita ini kembali. 
Tapi Yesus menunggu wanita itu dan orang kampung itu dibawah terik matahari, kita tahu bahwa Yesus bisa pergi kekampung sendiri dan mengatakan dia mesias tanpa menunggu wanita itu. Dia dapat membuat orang-orang itu percaya pada Dia, tapi Tuhan menunggu wanita itu karena wanita itu berpikiran dia adalah wanita yang tidak berguna dan Tuhan mau membuat wanita itu berguna, dan orang dikampung itu mendengar tentang pengajaran Yesus dan meminta Yesus untuk tinggal 2 hari. dan Yesus tinggal disana 2 hari dan hampir setiap orang dikampung itu diselamatkan. Engkau tau disaat orang kampung itu mati mereka pergi kesorga, mereka sampai kesorga, mereka senang dan mereka harus mencari wanita ini untuk berterima kasih karena berkatnya mereka mengenal Yesus, 
Wanita ini namanya diubahkan dari kegagalan menjadi pemenang, dari seorang yang tidak berguna menajadi orang yang berguna dan Yesus disini, karena engkau memiliki janji denganNya sampai minggu berikutnya. Itu sama seperti waktu disumur dan Yesus menunggu kita. Dia menunggu saudara dengan namanya bukan dengan penderitaannya.
Dan Dia menunggu saudara untuk merespon, pertanyaannya apakah saudara percaya padaNya? apakah engkau mengenal nama yang dipanggilNya untuk saudara? karena dalam hadirat Tuhan semuanya mungkin.
Apakah saudara percaya bahwa Dia ada disini? Jadi berhentilah menyebut kita dengan penderitaan, dengarlah Dia, Dia memanggil saudara dengan namamu sendiri, Dia menyebut saudara dengan potensi saudara, janganlah kita menyebut dirikita dengan penderitaan kita, semuanya Mungkin!
Apa yang jadi namamu?
apakah kamu mengidentifikasi kita dengan zakheus?
apakah kamu mengidentifikasi kita dengan wanita itu?
ada kuasa dalam menyembah? mengapa kita mengangkat tangan,
abraham yang pertama, covenant dengan Tuhan Ada tangan Tuhan yang disorga Turun, ini adalah suatu perjanjian yang sah, disaat Tuhan memegang Tanganmu jangan takut, Dia akan mengubah hidupmu. itu adalah suatu koneksi dengan Tuhan 
400 Tahun setelah Abraham, musa disuruh Tuhan mengangkat tangan dan pasukannya berperang, dia akan lari naik ke bukit dan dia akan mengangkat tangan dan pasukannya akan menang, dan apabila dia lelah mengangkat tangan pasukannya kalah. itulah sebabnya kita mengangkat tangan.


Ijinkan Tuhan bekerja.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Suara Allah dan Suara Iblis/ Setan

Kunci Menghancurkan Penghalang Janji Tuhan!

Tipe Kepribadian Melalui Test DISC